Macam Sayur Dan Manfaatnya

by - May 29, 2020

Sayur yang wajib ada di kulkas? Waduh, jujurly aku agak bingung jawabnya nih, Buibu, karena aku suka semua sayur jadi sayur apapun adalah wajib buatku.

                                        

                                           


Sebagai keluarga yang doyan sayur, aku terbiasa membuat menu masakan rumahan yang bikinnya ga bikin repot. Biasanya aku buat sayur berkuah seperti sup, sayur asem, satur lodeh, tumisan, atau capcay kuah. Dan kali ini, kebetulan suamiku yang belanja sayur jadi pesanku cuma sayur yang awet untuk disimpan disuhu ruangan selama satu atau dua hari.

Btw, kami tinggal di Batam ya, Buibu. Suhu ruangan di Batam biasanya 28 derajat celcius tapi feels like 34 derajat celsius kalau menurut Google. Hehe. Jadi ya kurang lebih disuhu segitu, sayuran apa yang kira-kira awet untuk disimpan.

Anak kami suka sekali labu siam, brokoli dan wortel. Hanya saja karena beberapa minggu ini sudah terlalu banyak makan sayuran hijau dan seafood jadi kami agak skip dulu konsumsi brokoli karena khawatir malah kami nanti yang kena asam urat, kalau kami masih juga konsumsi brokoli. Hahaha.

Nah, postingan kali ini aku mau membahas beberapa manfaat yang bisa didapat dari sayuran yang baru saja dibelikan suamiku.

Labu Siam

Labu siam sebagai salah satu sayuran kegemaran keluarga banyak sekali lho manfaatnya. Selain rasanya yang manis dan teksturnya lembut setelah dimasak, labu siam juga memiliki kandungan air yang banyak, mengandung folat, menjaga kolesterol, dan juga bisa menangkal radikal bebas plus sebagai anti kanker! Luar biasaaaa tepuk tangan dulu penonton di studio! (Mulai halu)

                                    


Terong Ungu

Next, aku punya terong ungu. Kalau ini kesukaan aku dan suami. Terong digoreng aja pake sambel tomat plus tempe tahu goreng hangat saja sudah nikmat sekali rasanya untuk dijadikan teman makan nasi. Tapi, apa sih manfaat terong? Tidak kalah dari labu siam, terong ungu pun punya segudang manfaat termasuk anti kanker. Terong ungu juga bisa mengurangi resiko penyakit jantung, mengontrol gula darah, mencegah kolesterol, dan lainnya. Sayangnya, terlalu banyak mengkonsumsi terong ungu pun ternyata bisa menghambat penyerapan zat besi dan bisa meningkatkan resiko batu ginjal selain juga dapat memicu terjadinya peradangan atau inflamasi. Jadi, konsumsi secukupnya saja yaa, Buibu. Walaupun, Mamajeng sendiri kalau tahu harga terong ungu sedang murah tergoda untuk beli banyak! Hahaha. Tapi kan awet ya kan. Jadi bisa untuk stok dua minggu. Hahaha

                                      


Buncis
Buncis kaya nutrisi dan bisa memberi banyak sekali manfaat, Buibu. Mulai dari membantu proses diet, karena kalorinya yang rendah. Sehingga bila mengkonsumsi buncis sebagai menu diet, Inshaa Allah jarum timbangan akan bergerak ke arah kiri ya, Buibu. Buncis pun dapat meningkatkan kesuburan. Dan, sama seperti labu siam juga terong ungu, buncis pun bisa mengurangi resiko kanker.

                                          


Wortel
Semua pasti sudah tahu kalau wortel sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Tapi ternyata bukan cuma itu manfaat wortel. Wortel pun mengandung manfaat untuk kesehatan kulit, kaya serat dan mengandung senyawa yang juga dapat dapat melindungi tubuh dari sel kanker lho, Buibu. Wortel yang rasanya manis ini enak untuk dibuat jus juga lho.

                                        

Nah, demikian manfaat dari beberapa jenis sayur yang baru kami beli untuk setok beberapa hari. Semoga bermanfaat dan semoga selalu sehat.


Salam.




















You May Also Like

3 comments

  1. Labu siam..aku juga suka bangeet..cuma disini cuma bisa ditemui saat musim panas sampai jelang musim gugur aja..jadi kalo nemu..suka dibikin lontong sayur..atau campuran siomay..byar empuk katanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. huaaa aku ga bisa bikin siomay, mbaa aku ga telaten orangnya hahaha

      Delete
  2. Duhh Mbak.. terong ungunya unyuuu... Pengen dehh.. dimakan pake sambel doang gitu udah bisa mengancam ketersediaan nasi di meja makan, ya! Haha.. btw, rasa terong ungu tua lebih manis ya timbang yang hijau? Benar ga si?

    ReplyDelete